Jumat, 12 April 2013

SAKIT FLU ITU GAK BUTUH OBAT LHOO



Helllo bloggers berikut ini gue bakal sampaikan hasil chat gue dengan seorang dokter Kondou dari Universitas Keiou Jepang berikut catatannya yang sudah saya translate ke Bahasa Indonesia semoga berguna:

Oke dok selamat malam menanggapi kelanjutan obrolan kita tentang demam kemarin. Menurut dokter jika terjadi demam tinggi saat terjangkit flu,percuma minum obat dan sebenarnya panas itu yang dibutuhkan, bukan?

Benar, seperti yang kusampaikan dan akan kutegaskan lagi pertama tama influenza hanyalah merupakan salah satu jenis flu. Walau 90% menyebabkan masuk angin adalah virus, tetapi virus penyebab flu jenisnya ada lebih dari 200. Virus menyebabkan influenza pun termasuk di dalamnya. Sekalipun demam tinggi hingga 40 derajat celcius akibat flu atau influenza, tidak akan berbahaya. Timbulnya demam adalah reaksi tubuh saat melindungi diri untuk memerangi bakteri dan virus yang menyusup ke dalam tubuh. Jika demam diturunkan dengan cara meminum obat penurun panas.mungkin tubuh akan terasa nyaman, tetapi virus pun akan lebih mudah beraktifitas. Akibatnya proses penyembuhan pun melambat.

Tentu saja anak anak dan lansia yang mengalami demam tinggi staminanya akan menurun tapi justru itu pula yang menimbulkan resiko lebih tinggi bila mengkonsumsi obat penurun panas. Intinya yang terpenting mengetahui bahwa ada tidak ada kasus kematian dan gangguan otak akibat demam. Jadi apa yang harus dilakukan kalau anak demam karena flu?

Pada dasarnya mendinginkan tubuh. Paling efektif menggompres pada pembuluh arteri, seperti di belakang leher atau di bawah ketiak selanjutnya perhatikan asupan air minum. Lalu jangan membuat anak lebih sengsara, jangan paksa anak untuk selalu rebahan, biarkan anak melakukan apa yang dia suka.

Kudengar dari seorang ibu yang memiliki anak kecil anaknya mengalami demam, tubuhnya menggigil dan bagian putih matanya membalik. Seperti sesak nafas atau berkelanjutan dalam kondisi seperti itu pun tidak perlu obat penurun panas?

Maksudmu dalam kondisi demam kejang kejang ya? Kejang karena demam biasannya hanya berlangsung dalam 5 menit . Jika dibiarkan kondisi tersebut akan berhenti, tidak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya aku sendiri pernah mengalami kejang demam saat aku masih kecil. Tapi lihat saja aku sekarang nyatanya masih sehat dan normal. Akan tetapi bila kejangnya berlanjut hingga 10 menit lebih dan berulang ulang tanpa henti, hilang kesadaran atau kondisi abnormal lainya ,harus segera dibawa ke rumah sakit dan penting kiranya berdiskusi dengan dokter jika memiliki penyakit bawaan  atau turunan.

Saat bagaimana sebaiknya kita ke rumah sakit? Kalau dengar dari pembicaraan ini rasanya dokter mengatakan jangan pergi ke rumah sakit…-,-“

Lebih baik hindari pergi berobat ke dokter dan mengkonsumsi obat jika hanya terjangkit flu. Karena banyak dokter yang terkait prosedur memberi obat jika menerima pasien. Misalnya para dokter di Belanda jika ada pasien yang terdiagnosis flu mereka tidak akan meresepkan obat dan hanya menganjurkan pulang dan istirahat yang cukup atau kembalilah jika demamnya tidak turun setelah 3 hari. Dengan kata lain 3 hari itu adalah patokan standar karena flu yang disertai demam tinggi biasanya tidak berlangsung lebih dari 3 hari. Apabila demamnya berkelanjutan hingga lebih dari 3 hari barulah pergi ke tempat dokter. Tetapi perlu hati hati cukup banyak kasus yang menyamakan dokter sama dengan penjual obat. Obat penurun panas, antiniotik ,obat batuk, obat pilek,banyak dokter yang memberikan berbagai obat yang tidak dibutuhkan, bahkan sekarang ini dipercaya ada obat penghilang panas.Jadi masyarakat harus pandai pandaimemilih dokter mana yang terpercaya yang memang sudah berusaha keras untuk berbakti pada masyarakat.

Terimaksih dokter semoga penjelasan ini mudah dimengerti oleh pihak awam .Tapi apa memang obat kimia itu sebegitu mengerikannya

Pada dasarnya lebih baik berfikir bahwa obat dan efek sampingnya, pada obat apapun pasti ada efek sampingnya . Jika terjangkit bakteri pneumonia atau peradangan sumsum tulang belakang tentu saja antibiotic dibutuhkan tetapi tidak bisa dikatakan tak ada resiko efek sampingnya.Contohnya Reye’s syndrome atau Flu otak biasanya terjadi karena pengaruh pemberian obat obatan.

Jadi kesimpulannya waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter  adalah saat Demam berkelanjutan hingga lebih dari 3 hari, Mengeluarkan dahak yang bewarna, Saat mencurigai adanya gejala kronis dan jikalau timbul kondisi abnormal.

GUE YOHANES  COKRO  .....SAMPAI JUMPA DI POSTINGAN GUE SELANJUTNYA...JBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar