Jumat, 12 April 2013

BGP Papua,,,Another Trip to Papua




Okayy perjalanan gue tentunya dimulai dari Bandara tercinta kita Soekarno Hatta tapi sayangnya gak diterminal tercinta 2F dan gue tentunya gak naik GARUDA….soalnya ternyata ga ada Garuda ada cerita Flight ke Sorong. Akhirnya gue naik mbak yu Sriwidjaya duehhh….Forr your info ya rata rata penerbangan ke Papua itu start di tengah malam jam 24.00 dan itu bikin susah cari Taxi, tapi untungnya ada DAMRI tercinta, cukup 20 k langsung lancer ke bandara….wkwkwkw irit adalah awal dari korupsi..

Nahh singkat cerita penerbangan ke Sorong Papua menghabiskan total 4-5 jam kalo pesawat lu gak delay gara gara pilot ma pramugarinya belum bangun. Sebelum lu sampe ke sorong kita bakal transit di Makasar buat isi bensin dan keliatannya malah ganti pesawat dehh… nahh di makasar oleh oleh yang khas itu minyak kayu putih cap lebah, tapi waktu itu gue gak beli soalnya banyak dijual di Indomaret ternyata.

Sampai sorong kita bakal sampai di bandara Edward Osok Sorong, nahh sekedar tips buat lu lebih baik lu gak masukin barang bawaan ke bagasi mending lu bawa masuk ke kabin aja,, bukan karena apa apa nihh tapi di Sorong begitu lu mendarat barang di bagasi bakal dikuasai sama para porter liar yang mukanya asli seremm gue gak boong , dan buat ngambil barang dari si porter lu kudu keluarin money tentunya….wkwkwkwk untung barang bawaan gue mini,,,,cukup sempak ama baju kerja….lainya biasanya gue ngembat punya Klien.

Nahh gue dari sorong menuju teluk bintuni, dan waktu itu kite naik kapal Fery, waktu dikasih tau gue dapet kelas VIP gue girang banget, tapi waktu gue tau kamarnya gue jadi shock,,, soalnya kamar VIP ama toilet di guest house Jakarta masih bagus toiletnya…yahhh akhirnya gue terima terima aj dehh ,,,,nahh berikutnya gue certain lewat foto foto gue,,,,disimak yaaa…


Nahh ini gue naik ambulance boat menyusuri hutan bakau di pulau assap teluk bintuni yang ternyata banyak buaya hitamnya ,hari pertama gue udah schock liat panjang buaya yang lebih guede dari boat gue...dalem ati jangan ampe nyemplung lahh...

Nahh kalo ini para porter yang gue ga tau mereka ini kombinasi dari preman pengangguran yang jelas barang bawaan gue peluk erat erat,, bukan gara gara banyak duitnya tapi sayang film bokep di harddisk kalo sampe ilang..jujur gue ngerasa diserbu ama geriliawan somalia waktu mereka nawarin bantuan

Nahhh ini penampakan matahari sore yang gue lihat dari dalam kapal....cukup artistik menurut gue...yahh pertanda baik nihh menuju papua ....dalam ati gue sih gitu....tapi apa yang terjadi sodara sodara...

Nahhh ini tempat tidur gue di kontainer BGP...temen gue si tiok gak mau nempatin ni tempat tidur...katanya dia alergi kasur kapuk...akhirnya dia lebih sering tidur di lantai daripada di kasur...


Nahh itu waktu gue ngajarin First Aid Training di kapal Gun Boat Haishi 01..waktu patner gue si dokter Daniel cuap cuap ampe berbusa ngajar training orang RRC asli yang ternyata buodo banget bahasa Inggrisnya...gue narsiss duehh....wkwkwk lanjut dokk...

Nahhh ini gue stand by di flying camp yang letaknya di pinggir laut...untung gue cuma stand by sampe sore disini,,, kalo ,mpe tinggal disini bisa mampus gue dimakan nyamuk..lu liat kan cuma beratap terpal beralaskan kain ....pokoke mengenskan lahh...

nahh ini jety yang udah gak kepake, dulu waktu jaman pak harto, pelabuhan disini sempat berjaya tapi setelah lengser dibiarin gitu aja.. padahal sayang banget lhooo,,,disini gue biasa mancing kepiting,,,ohh ya kadang disini ada lumba lumba yang lewat...serius gue gak boong...

wkwkwkwk keren yaa....gue cukup terpesona ama keaslian alam papua di teluk bintuni,, sayang untuk perjalanan kesini muahalnya minta ampun dan belum ada tempat penginapan yang layak.

Nahh berhubung gue gak piknik tapi kerja tetep kalo naik boat kudu pake live vest lengkap, kacamata safety ama kudunya helm sihh,,,

wkwkwkw lu tau ini ruangan apa? kalo lu bilang angkringan lu salah besar disini adalah ruangan makan buat para crew seismik ,,,,wkwkwk gue lansung no coment, soalnya ga ada hygienitasnya sama sekali,, mau gue marahin juga ga bisa soalnya di hutan cuma ada bahan ginian...

Ini perkampungan pemberontak Papua Merdeka,,,,wkwkwkw  gue boong.. ini perkampungan alias camp para pegawai seismik...lu mau tinggal disini sebulan full? kalo gue sih ogahh...

Nahh ini tampak depan Flying camp yang paling bagus menurut gue,,,,

yoii BELL 218  tercinta,, dan heli inilah yang bikin gue malas naik helikopter lagi...wkwkwkw jujur gue trauma tapi ya buat pengalaman boleh lahh...

another fling camp again,,,,kayu kayu semua asli dari alam,, yang beli di pasar cuma terpal ama paku... kalo lu setaun disini trus lu balik ke jakarta pasti lu merasa bersyukur banget dilahirkan dan tinggal di kota,,,trustt mee..

Nahh ini salah satu bagian kecil crew seismik yang jumlahnya bisa 2000 orang...dan lu bayangin dehh kalo gue tiap hari kudu ngajarin mereka First Aid training dengan bahasa yang mudah dimengerti dan cepat...bisa ampe berbusa busa mulut gue disini...

yakkk ini jety di Nagote,,, dimana kalo kapal besar bawa logistik pasti turunnya di sini...

Ini kali pertamanya gue naik heli dan gue excited banget,,,tapi ternyata setelah gue terbang 15 menit dengan heli gue malah pingin pulang gak naik heli

yoii sebelum ada pasien beneran ,,,kite check dulu bisa gak ni heli bawa pasien nya bener gaa...jangan ampe waktu gue naikin besok malah ada pasien yang mampus di tangan gue lagi


wkwkwkwk saking udiknya gue ada tuh 10 x foto di depan heli



ini camp di Tomage,,, lumayan lah daripada rumah kontainer di pulau ASSAp... dsini gue berlibur sekitar 3 hari...dan ahsilnya gue diserbu penduduk lokal suruh ngobatin mereka,,,,langsung abiss deh tuh stok obat gue,,,,untung gue banyak bawa panadol ama asmet....obat dewa buat segala macam penyakit


assik sih sebenernya ....semua bangunan dibuat dari kayu dan suasananya masih alami.... itu kalo siang broww....kalo dah malam behhh mending lu stay dikamar dehh,,, deket sini ada tank ama peasawat peninggalan jepang jd daerah sini cukup angker.

yappss jety tomage,,,,disini gue mancing udang yang gue rasa udang ini adalah mutan ..soalnya guede banget ...



Bagi lu pade yang penggemar UDANG Papua adalah surga bagi anda semua,,,,tapi kalo lu alergi udang....tentunya malah jadi neraka ...wkwkwkwk....bodo amat surga neraka....yang ada tetep gue sikattt ...

kalo lu ke papua ga afdol rasanya kalo lu ga foto ama warga asli,, berhubung gue serem ama yang pake rumbai dan koteka ,,,si adek ini gue culik masuk ke boat dan gue foto bareng dehhh...

yappp taman dpan kamar gue

asli muka gue 6  minggu di papua jadi ancur....wkwkwk mungkin ini yang bikin gue diputusin sehabis gue dari papua....



 wkwkwkwkw okeehhh sekian share dari gue,,,,gue males ngejelasin seismik itu apa...karena udah gue jelasin di artikel BGP Jambi di bulan Maret....semoga menginspirasi ya broww... wkwkwk menginspirasi dari mana jugak.... Thanks JBU all Haleeluya..

1 komentar: