Jumat, 12 April 2013

OPINI GUE TENTANG DUNIA KESEHATAN INDONESIA



Heyyy bloggers kali ini gue mau kasih lu sebuah informasi kesehatan yang harusnya bisa berguna buat kehidupan lu sehari hari. Semua orang di dunia ini pasti pernah yang namanya sakit Flu kan? Kalau belum pernah berarti emang lu keturunannya Superman atau SonGoku. Sudah jadi kebiasaan di Indonesia bahkan dunia kalau sakit Flu yang biasanya menimbulkan gejala demam,batuk dan gangguan pernafasan  pasti akan diobati dengan obat obatan kimia. Tapi tidakkah kalian tau bahwa Flu sebetulnya tidak memerlukan obat apapun, cukup dengan istirahat yang cukup dan tindakan tradisional seperti “Head cool and Warm “ yang maksutnya adalah dengan mendinginkan kepala dan menghangatkan kaki yang biasanya akan menurunkan demam dalam 2 hari tanpa resiko apapun.

Sayangnya di dunia kesehatan sekarang sudah terjadi lingkaran setan yang saling menguntungkan antara Pasien, praktisi kesehatan, produsen obat dan alat kesehatan  dan pemerintah yaitu dimana seorang pasien datang memeriksakan kondisi kesehatannya kepada praktisi kesehatan dimana sang pasien selalu meminta obat yang ampuh untuk mengatasi sakitnya, dan lucunya makin banyak obat yang didapat sang pasien pun semakin mantap dan percaya kepada sang praktisi kesehatan, hal hal seperti itu adalah sikap yang sangat bodoh karena tugas seorang praktisi kesehatan adalah menyembuhkan penyakit bukan sebagai tukang obat.

Selanjutknya dari segi praktisi kesehatan juga kadang tanpa pandang bulu memberikan obat kepada sang pasien walau kadang obat tersebut tidak perlu digunakan, dan juga melakukan pemeriksaan yang juga tidak perlu mengingat bahwa tiap resep dan tindakan dari seorang praktisi kesehatan akan berbuah materi yang tidak sedikit jumlahnya.Namun sayangnya kebanyakan pasien malah menganggap sikap tersebut adalah sikap yang professional dan jagoan.Contoh nyata sewaktu saya bertugas di pedalaman semua warga yang berobat mengeluh pegal2 dan capek meminta untuk disuntik dan diberi obat, dimana mereka masih beranggapan obat adalah jalan keluar dari sebuah masalah.

Dari Produsen alat alat kesehatan pun sama halnya dimana mereka menawarkan obat obatan jenis baru dengan gencarnya ke rumah sakit di kota dan daerah dimana cara cara kotor seperti suap,bonus,dan janji janji manis banyak digunakan, yang penting bagi mereka produk mereka terjual dan mendapatkan untung tanpa melihat apakah obat tersebut aman digunakan dan memang perlu untuk pasien.

Dari pemerintah pun sama halnya, dengan bantuan dari produsen obat dan alat kesehatan mereka pun mendapatkan dana untuk operasional pemerintah dan pengembangan fasilitas kesehatan di daerah, tidak jarang pasti anda melihat pembangunan puskesmas disponsori oleh suatu brand ternama. Lingkaran ini secara langsung memang tidak dapat diputuskan mengingat tidak ada yang merasa dirugikan disini. Cara satu satunya adalah lewat mengurangi dampak kerugian pada pasien dengan cara peningkatan pengetahuan pada pasien.

 Gue Yohanes Cokro terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar