Jumat, 03 Mei 2013

HAIL MARRY IN THIS MONTH...





Yookkk…….. dah lama gak posting tentang Rohani sejak dulu gue posting tentang Power of Rosario. Ngepasin momen yang lagi hotss di bulan Mei yaitu bulan Maria…Gue yakin lu semua udah banyak yang lupa ama inti dari bulan Mei yang sejatinya adalah Bulan yang penuh berkat bagi umat kristiani..
Emang yang namanya bulan Maria ini gak cupdate banget buat anak muda jaman sekarang, di TV dan di Koran pun jarang bahkan gak pernah ada yang nyiarin tentang bulan Maria, rata rata yang disiarin sama TV ma Koran paling Cuma Scandal si Eyang Cubur ama si Adi bing Slamet, Venna Melinda yang cerai, trus wafatnya ustadz fenomenal Uje. Gak ada tuh yang nyiarin tentang Berkah Bulan Maria dan semacamnya. Hal hal seperti inilah yang membuat Bulan Maria terancam bernasib sama dengan Dinosaurus dan Mamoth……. (Punah).

Jujur miris rasanya kalau mikir tentang sudah redupnya gairah Bulan Maria di Indonesia, padahal dulu tuh ya ,,,,kalau yang namanya bulan maria kita selingkungan bakal ngadain doa Rosario selama sebulan full dan tempatnya bergiliran dan gak perlu minum atau snack karena kita niatnya buat doa bersama bukan buat ngerumpi sambil numpang makan jadi buat warga yang kurang mampu pun gak bakal ngerasa keberatan mann…Nahh kalo sekarang ?? di taun 2013 ini jujur gue belum ketemu tuh Lingkungan kristiani yang ngadain doa Rosario keliling kecuali di daerah basis basis katolik kayak di daerah Sendangsono atau daerah daerah yang deket sama tempat pejiarahan Katolik.Sooo kalau di lingkungan anda masih dilakukan doa Rosario keliling dari rumah ke rumah dan animo masyarakat masih bagus maka lingkungan anda berhak dapet Award lebih dari Panasonic Gobel.

Doa Rosario bareng keluarga. Jujur gue pengen banget doa Rosario lagi bareng Bapak, ibu, kakak,dan sekarang 2 ponakan gue, tapi kayaknya hal itu adalah sesuatu yang bisa dibilang imposible because keluarga gue udah hidup masing masing dan jarang banget ada dalam 1 rumah kayak dulu….Nahh gue nanya buat lu semua yang masih satu rumah sama ortu dan sodara..Pernah gak lu doa Rosario bareng mereka?......engga yaaa…..jikalau belum pernah mending lu coba deh daripada ntar lu nyesel kayak gue…mumpung masih ada sisa hari di bulan Maria ini..

Dengan kemajuan technologi informasi seperti menjamurnya jejaring Sosial, HP pintar, Internetisme dan software canggih , kudunya perkembangan dunia rohani pun bakal semakin pesat tapi mana buktinya bungg??  ZERO …. Mau bukti ?? nihh ya di akun Facebook, Twitter, We Chat, Line,Instagram gue gak ada yang bikin status atau ngeposting tentang setidaknya Bulan Maria padahal mayoritas temen gue adalah Kristiani  gimana mau Rosario kalo momen bulan Maria di bulan Mei ini sudah terlupakan. Waktu gue masih SD buat ngumpulin warga untuk doa bersama kita masih pake undangan kertas buram yang dibagi jadi 4 terus dicopy sejumlah warga,dan wajib hukumnya gue yang jadi kurir buat nganter tuh undangan ke warga,dan amazingnya animo warga buat doa Rosario lingkungan masih di atas 70% padahal waktu itu lampu di jalan masih redup,jalanan banyak yang belum diaspal halus, jumlah warga yang punya motor masih bisa diitung apalagi yang punya mobil dan dikala hujan kita pergi doa dengan ngelinting celana trus pake sandal jepit   bandingin sama jaman sekarang yang udah ada HP buat nyebarin undangan dah gak perlu gunting gunting kertas buram trus fotokopi trus gak usah capek capek ngedarin tapi cukup kirim sms atau BBM, lampu lampu jalan sekarang juga udah banyak yang terang terus jalan udah halus diaspal dan pemilik kendaraan bermotor pun sudah makin tak terhitung, tapi kenapa animo buat doa Rosario keliling malah drop sampe di bawah 50 % ya??? 

Di gereja lu masih ada yang namanya PIA ( Pendampingan Iman Anak ), MUDIKA (Muda Mudi Katolik) terus Putra putrid altar A.K.A Misdinar?? …..kalau masih ada gue salut dan standing applause. Kenapa??? ……karena di beberapa gereja gue kadang gak nemuin hal hal itu lagi,,,, ada gereja yang gak ada PIA (Pendampingan Iman Katolik) padahal di gereja tersebut menurut gue jumlah anak anak SD dan Balita masih ada banyak,,, waktu gue Tanya ke romonya katanya gak ada tenaga sukarelawan yang mau ngajar PIA,,,LAAAAHHH??? Doeng doeng doeng ……..Romonya juga bilang seandainya bisa dia sendiri mau ngajarin anak anak PIA tapi dia harus melayani ekaristi buat stasi stasi yang jumlahnya gak dikit. ALaamakk kacau ya sob padahal di gereja jumlah mahasiswa or tante tante or Om Om yang berpotensi ngajar cukup besar. Lu bayangin deh 20 taun lagi anak anak jaman sekarang yang gak pernah belajar agama besok waktu gedenya gimana dan gimana nasib agama katolik kalau lama lama gak ada orang yag hatinya terpanggil jadi Romo,Suster atau Bruder????? Pie jal kui ndess?? ….Lu ikutan muda mudi katolik???jujur gue enggak…bukanya cari alasan tapi dengan kerjaan gue sekarang sulit rasanya buat ngegabung ama mudika karena gue gak ada gereja tetap…buat para mudika yang masih eksis ,,,,,tepuk tangan buat kalian semua ya walau ajang muda mudi katolik lebih sering jadi ajang cari gebetan atau jalan jalan berkedok ziarah sihhh…..buahahahahahaha…….tapi seenggaknya kalian masih ada dan gak punah…..bayangin aja kalo gak ada mudika?? Siapa yang jagain parkiran, jadi lector, misdinar, atau kerja suka rela buat gereja?? Dengan segala positif negatifnya muda mudi katolik tetap dibutuhkan….tapi jujur gue jarang sihh liat mudika doa Rosario bersama..wkwkwkwk padahal baiknya sihh kalau bisa giliran dari rumah ke rumah…disamping meningkatkan keakraban dan silaurahmi bisa juga jadi ajang cari muka sama orang tua gebetan…survey membuktikan kalo orang tua suka ama pemuda yang beriman daripada pemuda yang sokk gaul dan alay.

Yapsss saatnya menuju ilmu pengetahuan…..kalian tau gak sihh kenapa bulan Mei dan Oktober diperingati sebagai Bulan Maria……. Gak ada yang tau kan….. nah berhubung gue 2 bersaudara dan kebetulan juga kita dilahirkan masing masing di bulan Mei dan Oktober….buahahhahaha…..sempet bangga juga tuh gue ma kakak gue karena kita berdua lahir di bulan Maria….dan nama kakak gue emang Maria sihh….kembali ke topic…..Bulan Mei ditetapkan sebagai bulan Maria karena sebenernya ini berhubungan dengan tradisi Negara Negara yang punya 4 musim gak kayak Indonesia yang punya 2 musim yaitu musim panas dan musim panass banget….Di Negara Negara yang punya 4 musim pada bulan mei yaitu tepatnya pada musim semi sering disebut sebagai awal dari segala kehidupan…karena pada bulan mei mulai muncul tunas tunas baru,tumbuhan juga mulai berbunga  dan para hewan mulai berkembang biak lagi setelah sempet gak eksis di musim salju dan musim gugur… Nahh aktivitas kehidupan yang baru di bulan Mei ini sering dikaitkan dengan Bunda Maria yang adalah Hawa baru yang artinya “bunda dari segala yang hidup”… Nahh pada abad ke 13 , mulailah bulan maria didedikasikan sebagai bulan Maria dan makin popular setelah ditampilkan oleh para Imam Yesuit di tahun 1700an.  Nahh kalo versi ke 2 nya gini ceritanya… tahun 1809 pas jaman jamannya perang. Paus  Pius 7 ditangkep ama pasukannya Napoleon trus dipenjara lah Bapak Paus Pius 7 kita,,,, nahh dipenjara Bapak Paus  Pius 7 kita berdoa dan berjanji jikalau beliau dapat bebas dari penjara beliau akan mendedikasikan 1 bulan dimana seluruh umat akan mendevosikan secara khusus kepada Bunda Maria…nahh kalo lu kira habis doa terus bakal langsung dikabulkan  lu salah besar….sekalipun beliau adalah seorang Paus nyatanya doa beliau baru dikabulkan 5 tahun kemudian…..makanya buat lu semua yang minta Tuhan ngabulin  doa kalian dengan cepat mending kalian ngaca dehh….Paus aja yang sampai segitunya aja baru dikabulin doanya 5 tahun kemudian,,,apalagi elu brow….percaya aja Tuhan bakal kasih sesuatu yang pas bagi kita , dan semua itu bakal dikasih disaat yang tepat…Nahh tepatnya tanggal 24 Mei ( kok sama kayak ultah mantan gue ya) Bapa Paus Pius 7 dibebaskan dan kembali ke Roma. Tahun berikutnya Paus Pius 7 kita mengumumkan  perayaan Bunda Maria Penolong Umat Kristen lalu dilanjutkan oleh Paus Pius 9 yang yang pada tahun 1854 membuat dogma Maria terkandung Tanpa Noda A.K.A  “Imaculate Conception  “ dari mulai itulah mulai cetarr membahana ulalala Bulan Mei Sebagai bulan Maria.


Nahhhh kenapa bulan oktober juga dijadiin Bulan Maria ??? kalo dihubungin ama permusiman gak mungkin dehh soalnya bulan oktober tuh waktunya musim salju kan ga asik banget Bunda Maria dihubungin ama musim salju. Dari salah satu literature yang saya lihat ini berhubungan dengan Peperangan yang terjadi di Lepanto pada tahun 1571 antara Kerajaan Ottoman dari Turki VS  Umat Kristen yang tersebar di Eropa,, nah waktu itu ceritanya umat Kristen yang ada di  Spanyol,venesia dan genoa kalah jumlah dan udah pasrah bakal dibantai… nahh di tengah keputusasaan ini Mister Don Juan (kok kaya nama bokapnya Marimar ya ) dari Austria yang kebetulan jadi komandan memohon pertolongan melalui perantaraan Bunda maria dengan mendarasakan Doa Rosario  bersama seluruh warga Eropa  dan juga bersama Paus Pius 5 di Basilika Santa Maria  Magiore …..Nahhhh kalau ini bener bener sakti mann,,,,,secara ajaib Peperangan dimenangkan oleh pihak Eropa ….nahhh sejak itu tiap tanggal 7 Oktober di vatikan ditetapkan sebagai peringatan Rosario dan dirayakan dengan misa Kudus..Hal ini juga diteruskan oleh Paus Gregorius 13 yang menetapkan 7 oktober sebagai Hari Raya Rosario Suci…………..

Nahhh itu ceritanya…..moga moga ada inspirasi dari postingan gue ini…jujur gue bukan seorang katolik yang taat….gue jarang doa,,doa aja kalau lagi butuh,,, jarang ke gereja,,,ke gereja kalau lagi mood doank,,,, tapi setidaknya gue mau berubah dari sedikit sedikit …gue masih takut sama Kuasa Tuhan…dan gue sadar gue ini siapa dan iman gue juga gak sebesar biji sesawi (bukan sawi /kubis) maka dari itu gue merasa belum pantas untuk berani khotbah di tengah mimbar seperti Para rasul dan Orang beriman lainya….Cuma hal kecil seperti menulis Blog ini yang bisa gue lakukan untuk saat ini dengan keterbatasan saya… semoga esok hari saya dapat bisa berbuat hal yang lebih berarti daripada ini….Gue percaya selalu ada pilihan  untuk maju, mundur atau tetap diam…..dan gue pilih maju terus di jalan Tuhan apapun resikonya…..  Amin Haleluya… Saya Yohanes Bambang Heru Cokro ….Terima Kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar